alam penuh kejutan

alam penuh kejutan
malino

Minggu, 19 Februari 2012

Meosis adalah

Meiosis adalah salah satu cara sel untuk mengalami pembelahan, ciri pembelahan secara meiosis adalah:
  1. Terjadi di sel kelamin
  2. Jumlah sel anaknya 4
  3. Jumlah kromosen 1/2 induknya
  4. Pembelahan terjadi 2 kali
Meiosis hanya terjadi pada fase reproduksi seksual atau pada jaringan nuftah. Pada meiosis, terjadi perpasangan dari kromosom homolog serta terjadi pengurangan jumlah kromosom induk terhadap sel anak.
Disamping itu, pada meiosis terjadi dua kali periode pembelahan sel yaitu :
  1. Pembelahan I (meiosis I).
  2. Pembelahan II (meiosis II).
Pada proses Meiosis I. pada tahap Pofase I DNA dikemas dalam kromosom. Pada akhir profare I terbentuk kromosom homolog yang berpasangan membentuk tetrad.
Tahap Profase I dibagi menjadi 5 subfase, yaitu :
  1. Leptonema : Benang-benag kromay\tin memendek dan menebal ,serta mudah menyerap zat warna dan membentuk kromosom mengalami Kondensasi.
  2. Zigonema : Sentromer membelah menjadi dua dan bergerak kearah kutub yang berlawanan,sementara itu kromosom homolog saling berpasangan ( Sinopsis).
  3. Pakinema : Terjadi duplikasi kromosom.
  4. Diplonema : Kromosom homolog saling menjauhi, erjadi perlekatan berbentuk X yang disebut Kiasma dan merupakan tempat terjadinya Crossing Over.
  5. Diakenesis : Terbentuk benang-benang spindel, dua sentriol sampai pada kutub yang berlawanan, membran inti dan nukleus menghilang.
TAHAP Metafase I : Pasangan kromosom homolog berderet di daerah ekuator. Sentromer menuju kutub dan mengeluarkan benang2 spindel.
TAHAP Anafase I : Kromosom homolog berpisah dan bergerak ke kutub yang berlawanan. Benang spindel dan seluruh isi sel memanjang ke arah kutub.
Pada manusia dan hewan, meiosis terjadi di dalam gonad dan menghasilkan sel gamet seperti spermatosit atau sel telur.
Pada tumbuhan, meiosis terjadi pada anthers dan ovaries dan menghasiklan meiospor yang perlahan terdiferensiasi menjadi sel gamet juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar