alam penuh kejutan

alam penuh kejutan
malino

Kamis, 23 Februari 2012

Kormophyta

Tumbuhan sabagai salah satu makhluk hidup yang dipelajari dalam ilmu Biologi merupakan organisme yang masuk dalam Kingdom Plantae. Organisme ini pada umumunya mampu melakukan fotosintesis. Kemampuan tumbuhan melakukan fotosintesis menjadikan organisme ini masuk dalam golongan organisme Autotrof, yaitu organisme yang mampu membuat makanannya sendiri. Tumbuhan sebagai organisme autotrof mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik melalui reaksi fotosintesis yang biasanya reaksi ini terjadi di bagian tumbuhan yang bernama daun. Bagian-bagian tubuh tumbuhan selain daun yang sering kita lihat adalah akar, batang, bunga dan buah. Semuanya itu merupakan organ-organ fungsional yang menunjang proses kehidupan tumbuhan.

Klasifikasi Plantae

Tumbuhan sebagai objek biologi diklasifikasikan dengan tujuan mudah untuk dipelajari. Kingdom plantae memiliki empat divisi yang mewakili anggota tumbuhan, yaitu :
Divisi Thallophyta (tumbuhan bertalus), tumbuhan yang struktur tubuhnya masih berupa talus (akar, batang dan daun semu atau tidak jelas). Contoh tumbuhan yang termasuk thallophyta adalah algae (alga).
Algae (alga)
Algae (alga)
Divisi Bryophyta (tumbuhan lumut), golongan lumut-lumutan dan digolongkan sebagai kormophyta, yaitu struktur tubuh sudah berkormus (akar, batang dan daun sejati). Contohnya lumut hati (hepaticae), lumut daun (musci) dan lumut tanduk.
Bryophyta
Bryophyta
Divisi Pteridophyta (tumbuhan paku), golongan paku-pakuan dan digolongkan juga sebagai kormophyta, yaitu struktur tubuh sudah berkormus (akar, batang dan daun sejati). Tumbuhan paku terbagi menjadi empat subdivisio, yaitu Psilophyta (Psilotum sp.), lycophyta (Selaginella sp.), spenophyta dan pterophyta (Marsilea creanata, Asplenium nidus).
Pterydophyta
Pterydophyta
Divisi Spermatophyta (tumbuhan biji), kelompok tumbuhan yang memiliki biji sebagai alat reproduksi generatif. Spermatophyta terbagi menjadi dua subdivisi, yaitu Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup). Gymnospermae terdiri dari empat famili, yaitu cycadinae (Cycas tumpii, pakis haji), gnetinae (Gentum gnemon, melinjo), coniferinae (Agathis alba, damar) dan ginkgoinae (Gingkgo biloba). Angiospermae terdiri dari dua kelas, yaitu kelas monocotyledonae (tumbuhan berkeping satu); contohnya padi, pisang, bambu dan kelas dicotyledonae (tumbuhan berkeping dua); contohnya pohon karet, mangga dan jambu.
Gymnospermae
Gymnospermae
Monocotyledon
Monocotyledon
Dicotyledon
Dicotyledon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar